PAUD sampai Perguruan Tinggi Segera Punya Materi Bahan Ajar Tentang PIP

Jakarta;- Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) segera menyusun materi bahan ajar Pembinaan Ideologi Pancasila (PIP) untuk pendidikan tingkat Usia Dini sampai Perguruan Tinggi.

Materi bahan ajar yang baru akan di review internal BPIP itu ditergetkan bulan Oktober tahun 2020 dapat diimplementasikan kepada lembaga yang membutuhkan.

Menurut Deputi Bidang Pengkajian dan Materi Prof. Dr. FX. Adji Samekto, M.Hum selain dilakuan review internal juga akan dilakukan akseptasi atau penerimaan secara umum secara eksternal.

"Materi bahan ajar ini kita proyeksikan untuk bahan ajar tingkat PAUD sampai Perguruan Tinggi," terangnya saat diwawancarai rabu (19/8/2020).

Direktur Standarisasi Materi dan Metode Formal non Formal dan Informal BPIP Toto Purbiyanto, S.Kom, M.Ti mengatakan standar materi tersebut sebagai dasar acuan untuk lembaga yang menggunakan baik kurikulum pendidikan maupun bahan ajar.

"Standar materi ini bukan kurikulum tetapi, bahan ajar untuk kurikulum pendidikan dan lainnya yang sifatnya general," ungkapnya.

Ia menegaskan, materi bahan ajar ini nantinya akan didistribusikan melalui Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, Kementrian Agama, Deputi 4 BPIP dan intansi yang membutuhkan.

"Dokumen kami sangat umum atau general tentang PIP, sehingga bisa digunakan siapa aja yang membutuhkan," tegasnya. (ER)