BPIP Launching Jaringang Dokumentasi dan Informasi Hukum (JDIH)

Jakarta;- Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) resmi melakukan Launching Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum (JDIH) di Gedung Setwapres, Rabu (7/10). Acara tersebut turut hadir Wakil Ketua KPK Dr. Nurul Ghufron, S.H., M.H dan Kepala BPHN RI Prof. Dr. H.R. Benny Riyanto, S.H.,M.Hum., C.N. dalam pembukaan acara tersebut, Ketua BPIP Prof. K.H. Yudian Wahyudi mengatakan berterima kasih atas dukungan yang diberikan oleh KPK dan BPHN.

Yudian menjelaskan, salah satu cara untuk membumikan Pancasila dalam kehidupan melalui jalur hukum. menurutnya, membumikan Pancasila melalui jalur hukum merupakan sudah sewajibnya dilakukan. 

"Terima kasih atas dukungan dari KPK dan BPHN karena ini penting sebagai salah satu cara untuk membumikan Pancasila dalam kehidupan". Jelasnya.

Prof. Yudian berharap, melalui jaringan dokumentasi dan informasi hukum dapat sampai kepada masyarakat dalam membumikan Pancasila melalui hukum. Dia mengaku wahana dan komunikasi antara pemerintah dan masyarakat harus dilakukan secara transparan. 

" Ini merupakan suatu sistem pemberdayagunaan sistem yang dilakukan secara tertib dan terpadu serta memberikan layanan informasi hukum yang mudah cepat dan tepat dan akurat melalui pemanfaatan sarana teknologi informasi. dalam hal ini BPIP turut berupaya penyebaran informasi hukum kepada masyarakat serta bermanfaat informasi hukum baik aparatur penyelenggara negara dan masyarakat pada umumnya harapan kami melalui jaringan ini kami dapat memberikan sumbangsih melalui perundang-undangan di tingkat pusat maupun daerah" Jelasnya.

Sementara itu, Kepala BPHN RI Prof. Dr. H.R. Benny Riyanto, S.H.,M.Hum., C.N mengatakan, penyampaian informasi dan dokumen hukum secara lengkap kepada seluruh masyarakat merupakan suatu langkah terbaik dalam mencerdaskan kehidupan bangsa dan negara. Menurutnya, pembudayaan budaya masyarakat dalam pengetahuan hukum bisa dengan cepat diterima oleh masyarakat. 

"Sarana pembudayaan tadi terhadap membumikan Pancasila itu semua dokumen-dokumen terkait dengan konsep konsep Pancasila luaskan kepada seluruh warga bangsa itu melalui jaringan dokumentasi dan informasi hukum". Tuturnya.

Prof. Benny mengatakan sarana strategis untuk pembudayaan hukum dalam membumikan Pancasila kepada masyarakat melalui hukum merupakan langkah membangun karakter bangsa yang baik, maju, adil dan sejahtera.

"Melalui jaringan dokumentasi dan informasi hukum itu sehingga dipilih adalah merupakan sarana yang sangat strategis untuk pembudayaan hukum masyarakat atau sering dikenal dengan Nation's character building kita membangun karakter bangsa kita". Tutupnya.

Dalam Acara tersebut turut hadir Sestama BPIP, Kedeputian BPIP, Kapusdatin BPIP serta staf Deputi BPIP dalam acara Launching Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum. (BM)