TNI Sosialisasikan Nilai-nilai Pancasila di Perbatasan


Kalimantan Utara:- Tak hanya pekerjaan secara fisik yang dijalankan dalam Kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Wilayah Perbatasan ke 111 Tahun 2021, yang diselenggarakan Kodim 0911/Nunukan di Desa Binusan Dalam, Nunukan, Kalimantan Utara. Namun, ada nilai-nilai Pancasila yang ditanamkam para Satgas TMMD ini.
 
Perwira Seksi Teritorial Lettu Inf Muhajir mengatakan, dalam sasaran non fisik memang sudah direncanakan kegiatan penyuluhan wawasan kebangsaan dan sosialisasi di berbagai bidang yang berkaitan dengan kebutuhan dasar para warga Desa Binusan Dalam.
 
"Akan tetapi, apabila dilakukan dalam waktu TMMD ini secara berkelanjutan setiap harinya, maka akan lebih optimal dalam penyampaian dan bukan hanya sekedar lewat di telinga," kata Lettu Muhajir, Senin (21/6).
 
Lettu Muhajir menjelaskan, kali ini para anak-anak desa atau generasi penerus bangsa yang menjadi sasaran nonfisik Satgas TMMD ke 111, dengan menanamkan nilai-nilai Pancasila dan kebangsaan.
 
“Wilayah perbatasan merupakan wilayah yang amat strategis dan memiliki pengaruh paling besar terhadap kedaulatan NKRI. Sama halnya dengan ungkapan makna tapal batas dan beranda terdepan NKRI yang selalu digadang-gadang menjadi pagar terdepan dalam menghadapi segala ancaman," ucap Lettu Muhajir. (MAF/ER)