Ki Warsono Disebut Sebagai Orang yang Paling Paham Ideologi Pancasila


Jakarta:- Beberapa hari lalu kita kehilangan salah satu dalang kondang yaitu Ki Manteb Sudarsono. Salah satu Ikon Prestasi Pancasila itu meninggal dunia pada jum’at, (2/7/2021) pukul 09.45 WIB di Jawa Tengah.

Sosok Ki Manteb Sudarsono bahkan disebut-sebut sebagai orang yang Paling Paham Ideologi Pancasila dan sosok seniman, budayawan yang selalu mengedepankan kebersamaan. Hal tersebut dikatakan Mantan Wali Kota Solo, FX Hadi Rudyatmo.

"Artinya dia itu paham betul yang namanya ideologi Pancasila", dikutip dari republika.co.id Rabu, (7/7),

Dengan berpulangnya Ki Manteb, maka Indonesia pada khususnya dan dunia pada umumnya, juga merasakan kehilangan seniman kondang yang memiliki talenta luar biasa itu.

"Dalang kondang yang memiliki talenta sangat-sangat luar biasa yang dapat dan mampu menjelaskan arti daripada ideologi negara Pancasila," lanjut Ketua DPC PDI Perjuangan Solo tersebut.

Ia menambahkan sewaktu dirinya masih menjabat Wali Kota Solo, Pemkot Solo kerap menyelenggarakan acara yang mengundang dalang Ki Manteb Sudarsono. Salah satunya, pagelaran wayang kulit di tengah-tengah Jalan Jenderal Sudirman.

Kepribadiannya sangat luar biasa. Beliau seniman kondang, namun tidak pernah membedakan suku, agama, golongan bahkan kasta," ungkapnya.

Di sisi lain, terkait regenerasi dalang, Rudyatmo menilai saat ini belum ada yang menyamai Ki Manteb Sudarsono. "Namun paling tidak, sosok Ki Manteb sudah menjadi panutan dan teladan bagi seniman-seniman muda di dunia pedalangan wayang kulit," pungkasnya. (ER)