Peringati Harlah Pancasila, BEM UBSI Tasikmalaya Gelar Lomba Puisi


Jawa Barat:-Menginternalisasi Pancasila bisa dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya dengan menuangkannya dalam rangkaian kata bernada. Dalam memperingati hari lahir pancasila yang jatuh pada 1 Juni 2021, BEM Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) Kampus Tasikmalaya mengadakan Lomba Cipta Puisi.
 
Lomba bertajuk ‘Kita Indonesia Kita Pancasila’ ini diperuntukkan bagi siswa/i SMA sederajat se-Tasikmalaya yang dilaksanakan sejak 27 Mei sampai 19 Juni 2021.
 
“Kondisi pandemi COVID-19 yang sedang melanda di banyak Negara di dunia khususnya di Indonesia mengharuskan kegiatan ini dilaksanakan secara virtual,” tutur ketua BEM Universitas BSI Kampus Tasikmalaya, Muhammad Rivalda, Senin (21/6).
 
Ia menyebutkan, dari tahap awal sampai dengan selesai perlombaan memanfaatkan media seperti whatsapp sebagai grup komunikasi antara pihak panitia dengan peserta.
 
“Kami juga memanfaatkan Google Meet atau Zoom sebagai sarana virtual meeting perihal technical meeting lomba cipta puisi. Namun demikian, kondisi tersebut tidak mengurangi semangat peserta untuk mengikuti kegiatan ini dengan maksimal,” pungkasnya.
 
Sebanyak 15 karya yang diseleksi oleh tim juri, terpilihlah 3 penghargaan dari lomba ini.
 
“Untuk juara pertama diraih oleh Azhopia Mumtaz Indratama dari SMA Negeri 1 Tasikmalaya dengan ‘Panca Asmaraloka’. Juara kedua oleh Naswa Dwidayanti Khairunnisa dari SMA Al-Muttaqin Tasikmalaya dengan ‘Selaksa Asa Falsafah Bangsa’ dan untuk juara ketiga oleh Nisa Nurhaliza dari MAN 1 Kota Tasikmalaya dengan ‘Anak Pelopor Nusantara’,” bebernya.
 
Azhopia Mumtaz Indratama peraih juara pertama dalam lomba cipta puisi ini mengungkapkan kegembiraannya. “Alhamdulillah bisa meraih juara pertama. Bagi yang belum juara tetap semangat untuk berkarya dan sukses terus untuk Universitas BSI Kampus Tasikmalaya,” ungkapnya.
 
Ketua pelaksana, Tasya Aulia Ur Rahman mengungkapkan bahwa perlombaan ini bertujuan untuk menggali kreativitas para siswa dan mengaplikasikan nilai Pancasila. “Selain itu juga untuk mempererat silaturahmi agar semua yang terlibat dalam lomba ini lebih bersemangat lagi dalam mengamalkan pancasila," ujarnya.
 
Ia menegaskan, lomba ini diikuti dari berbagai siswa/i SMA di Tasikmalaya, sehingga dapat saling mengenal satu sama lain walaupun secara virtual. (GA/ER)