Bumikan Pancasila, BPIP Gandeng Komunitas Seni Budaya Se-Nusantara


Jakarta:- Badan Pembinaan Ideologi Pancasila menggandeng sejumlah komunitas Seni dan Budayawan dari Sabang sampai Merauke untuk membumikan nilai-nilai Pancasila.

Kerjasama dengan tema mufakat gotong royong tersebut dilaksanakan pada momentum sumpah pemuda 10 November di ruang rapat BPIP Selasa, (10/11).

Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila Prof. Drs. K.H Yudian Wahyudi, M.A., Ph.D mendorong program kegiatan yang diselenggarakan Direktorat Bidang Pembudayaan itu.

Dirinya berharap, program kegiatan tersebut dapat memberikan dampak baik dalam upaya-upaya pembumian nilai-nilai Pancasila. 

Dalam kesempatan yang sama Diretur Pembudayaan BPIP Irene Camelyn Sinaga, AP., M.Pd. mengatakan mufakat gotong royong ini merupakan tindak lanjut pada tahun sebelumnya.

"Mufakat gotong royong ini tidak pernah membedakan usia, suku, bangsa, tetapi ada kemufakatan bersama sesuai dengan sila ke 4", ucapnya.

Sementara itu Pusat Kajian Budaya Makara UI Zastrow ngatawi menegaskan pihaknya akan konsen dalam terlibat mufakat gotong royong ini, karena ia menilai Pancasila merupakan faktor terpenting dalam kehidupan Berbangsa dan Bernegara.

"Kami konsen terlibat dengan BPIP, karena Pancasila adalah merupakan faktor terpenting dalam kehidupan Berbangsa dan Bernegara", ucapnya.

Dirinya juga akan konsen dalam pembumian Pancasila melalui pembudayaan terhadap mahasiswa.

"Terutama mahasiswa yang perlu diberikan ditanamkan dan memahami dengan cara mempraktekannya", terangnya.

Dirinya berharap strategi yang digunakan ini dapat diterima dan dipahami oleh mahasiswa khususnya umumnya masyarakat luas.

"Dengan melanjutkan kegiatan seni budaya, diharapkan memberikan penanaman Nilai-nilai Pancasila kepada mahasiswa" tutupnya.

Selain Pusat Kajian Budaya Makara UI kerjasama ini juga dengan Multiversitas nusagoro nusa taman Bali dan Bazarti gembrong sari. (ER)