Begini Salah Satu Metode Diklat PIP Bagi Ormas di DIY


Yogyakarta;- Banyak cara metode pendidikan dan pelatihan kepada elemen masyarakat untuk membumikan dan mengaktualisasikan nilai-nilai Pancasila dan bela Negara. 

Selain metode diskusi salah satu metode paling efektif adalah Outbond atau bermain di luar ruangan. Seperti halnya yang dilakukan pada pendidikan dan pelatihan bagi organisasi kemasyarakatan (Ormas) se-Provinsi DIY.

Menurut Direktur Penyelenggaraan Pendidikan dan Pelatihan Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Marsudi Sarwono, S.H., M.Si. (Han), BPIP telah memiliki 20 metode untuk membumikan dan mengimplementasikan nilai-nilai Pancasila, salah satunya outbond.

Metode outbond tersebut sebagai upaya pengembangan diri (personal development dan pengembangan tim (team development) yang dapat digunakan dalam organisasinya masing-masing.

"Yah, di hari ke-3 ini peserta dibagi 4 kelompok, 2 kelompok di luar ruangan kemudian 2 kelompok lagi di dalam ruangan, tetapi nanti bergiliran," ucapnya saat diwawancara kamis, (10/9/2020).

Dirinya berharap metode ini dapat mengembangkan kemampuan apresiasi maupun kreativitas dan penghargaan terhadap perbedaan sebuah kelompok dan memberikan kontribusi memupuk jiwa kepemimpinan, kemandirian, percaya diri, tanggungjawab dan empati.

"Kita tahu pasti semua karakter mereka (peserta-red) berbeda-beda, tetapi bagaimana dalam metode ini mereka memiliki tujuan yang sama, contohnya dengan cara gotong royong, persatuan yang merupakan salah satu asas pancasila," terangnya.

Narasumber dalam kegiatan diklat hari ke-3 ini berasal dari internal dan eksternal BPIP yang dinilai profesional dalam bidangnya.

"Narasumber atau pemateri untuk giat hari ini berasal dari BPIP dan luar BPIP yang sudah profesional,". Tutupnya. (ER)