Pancasila Sebagai Pandangan Hidup Bagi Warga Negara Indonesia


Jakarta:- Pancasila merupakan dasar negara yang juga dikenal sebagai ideologi negara. Pancasila juga memiliki beragam fungsi yang berguna bagi keselarasan kehidupan warga negara Indonesia, salah satunya adalah Pancasila sebagai pandangan hidup dalam bermasyarakat dan juga bernegara.
 
Penerapan Fungsi Pancasila Sebagai Pandangan Hidup
 
Pancasila yang terdiri dari lima sila ini berisi rumusan yang dapat dijadikan pedoman dalam kehidupan khususnya bagi rakyat Indonesia. Kelima sila tersebut menggambarkan bagaimana seharusnya warga negara Indonesia berkelakuan dalam kehidupan sehari-harinya. Pancasila yang disahkan pada 1 Juni 1945 ini juga tercantum pada pembukaan Undang-Undang Dasar 1945, yaitu pada alinea keempat.
 
Sebagai warga negara Indonesia yang baik, sudah jelas akan menjadikan Pancasila sebagai pandangan hidup. Nilai-nilai yang terkandung di dalam Pancasila tersebut dapat dijadikan teladan atau acuan untuk dapat menjalankan hidup yang tertata dan juga teratur, baik dalam kehidupan bermasyarakat maupun kehidupan bernegara.
 
Hal ini seperti yang tertulis dalam buku Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, Aktualisasi Nilai-nilai Pancasila dan Kewarganegaraan dalam Perspektif Santri (2019:128). Dalam buku tersebut dijelaskan bahwa Pancasila dijadikan sebagai seperangkat nilai yang digunakan bangsa Indonesia untuk menata dan mengatur tiap-tiap warga negara Indonesia.
 
Di samping dijadikan sebagai pengatur dan pengarah kehidupan warga negara, Pancasila juga dijadikan sebagai pandangan hidup. Seperti yang dilansir dalam situs resmi Bpip.go.id yang diakses pada 17 Februari 2021 Pancasila sebagai pandangan hidup berarti menjadikan Pancasila sebagai pedoman hidup pada setiap hal yang kita lakukan dalam keseharian.
 
Hal ini dapat dilakukan dengan cara menerapkan nilai-nilai yang terkandung di dalam kelima sila Pancasila. Misalnya dalam Sila pertama, kita sebagai warga negara harus saling menghormati kepada sesama umat beragama dan juga menjalankan perintah tuhan sesuai dengan agama yang dianut.
 
Pada sila lainnya juga kita dapat menerapkan nilai yang lainnya, contohnya seperti menjunjung tinggi kepentingan umum daripada kepentingan peribadi, saling tolong menolong kepada sesama manusia tanpa pandang bulu, saling menghormati satu sama lain, mengutamakan musyawarah untuk muafakat dalam memutuskan suatu keputusan yang melibatkan kepentingan umum.
 
Pancasila sebagai pandangan hidup tentu dapat kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari. Dengan menerapkan Pancasila dan juga menjadikan Pancasila sebagai pandangan hidup, tentu hidup kita akan jauh lebih tertata dan juga menciptakan keamanan serta kenyamanan antara satu dengan lainnya. (DA/BM)