Sejumlah Kampung di Tangerang Disebut Sebagai Laboratorium Sosial


Tangerang:- Wakil Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Prof. Dr. Hariyono, M.Pd menyebut sejumlah kampung di Tangerang Banten menjadi Laboratorium sosial.

Menurutnya kampung-kampung tersebut telah berubah signifikan yang sebelumnya sangat kumuh tetapi saat ini menjadi bersih, asri bahkan selalu mendapatkan penghargaan Adipura sebagai kota bersih.

"Padahal tahun 2014 masuk dalam wilayah berkategori kumuh. Namun, tiga tahun kemudian kota itu beralih menjadi kota yang bersih" ucapnya saat mengunjungi Kampung Teras Pancasila, RW 15 Kelurahan Karang Tengah, Kecamatan Karang Tengah, Kota Tangerang, Provinsi Banten Jumat, (16/10).

Kampung yang memiliki inovasi dalam pengembangan potensi produktif itu diantaranya Kampung Teras (Tertib Asri RW Lima belas) Pancasila, Kampung Mangga, Kampung Anggur (Anggota Masyarakat Gemar Bersyukur), dan kampung Talas (Tata Tertib Lalu Lintas).

Ia menjelaskan keberhasilan itu tidak semata-mata hasil pembinaan Pemerintah Kota Tangerang melainkan pendirian warga yang mau mengubah wilayahnya.

"Keberhasilan ini karena adanya perubahan watak atau karakter masyarakat yang peduli dengan lingkungan dan masa depannya, warga di Kampung ini telah mempraktikkan inovasi dalam memperkuat Pancasila, seperti contoh menjaga kebersihan dan mengembangkan tanaman produktif," tegasnya.

Selain itu dirinya mendorong kepada akademisi perguruan tinggi, kampung-kampung tersebut dimanfaatkan sebagai laboratorium sosial upaya mewujudkan lingkungan sosial yang baik.

"Saya berharap kampus-kampus di Tangerang memanfaatkan Kampung Kampung inovatif ini sehingga menjadi percontohan," harapnya.

Dalam kunjungan tersebut turut hadir Sekretaris Dewan Pengarah BPIP, Mayjen TNI (Purn) Wisnu Bawa Tenaya, Sekretaris Daerah Kota Tangerang, Herman Suwarman, Kepala Dinas Sosial Tangerang Suli Rosadi. Hadir pula Direktur Sosialisasi dan Komunikasi BPIP, M. Akbar Hadiprabowo dan Kepala Biro Fasilitasi Dewan Pengarah BPIP, Sunoto Setyo. (HS/ER)