Dimasa Pandemi COVID-19, Koperasi yang Berlandaskan Nilai Pancasila Sabet Penghargaan


Jakarta:- Penggiat Koperasi Sri Untari Bisowarno asal Malang, Jawa Timur menyabet penghargaan dari Komunitas Koperasi Indonesia dikutip dari surabaya.tribunnews.com Kamis, (25/2).

Koperasi Setia Budi Wanita (SBW) itu masuk dalam kategori 100 koperasi besar Indonesia yang mampu bertahan di masa Pandemi-Covid19.

Untari menegaskan kunci sukses dalam menjalankan koperasi tersebut adalah dengan menerapkan nilai-nilai Pancasila dan Trisakti Bung Karno.

“Kami mencoba untuk menerjemahkan nilai-nila Pancasila dan gagasan dari Trisakti Bung karno itu bukti dalam bentuk koperasi dengan model sistem tanggung renteng. Sistem tanggung renteng sendiri sebenarnya berbasis kepada nilai-nilai Pancasila, menerjemahkannya di dalam praktek kehidupan sehari-hari” tegasnya.

Menurutnya dengan menerapkan nilai-nilai Pancasila tersebut koperasinya mampu menerapkan SHU dan aset.

“Asetnya Rp. 12 miliar dan omzetnya Rp 130 miliar, Alhamdulillah di masa pandemic ini aset kami naik, SHU naik, tabungan naik”, jelasnya.

Untari mengajak Koperasi yang beranggotakan 10.000 orang itu untuk menggerakan pada sektor riil dan memberikan pembinaan pada koperasi-koperasi lain supaya bisa berkolaborasi tumbuh dan berkembang Bersama.

“Melalui forum koperasi besar Indonesia ini kita akan mengajak semua teman-teman untuk menggerakkan koperasi pada sektor riil, yang disitu sudah bicara tentang bagaimana digitalisasi dan transformasi koperasi”, terangnya.

Ia juga mengatakan terus melakukan kegiatan-kegiatan, seperti mempersiapkan koperasi milenial, sebab menurutnya Dekopin sebagai organisasi induk koperasi tidak boleh diam.

“Dekopin itu adalah asosiasi Gerakan koperasi, dia tidak boleh tidur dia harus tetap ada sejak Munas makassar sampai sekarang, kami terus melakukan kegiatan”. Tutupnya. (ER)