BPIP Sebut, Sistem Gotong Royong UKM Bisa Dongkrak Perekonomian di Masa Pandemi Covid 19


Serang - Deputi Bidang Pengendalian dan Evaluasi Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Dr. Rima Agristina, S.H., S.E., M.M. meyakinkan melalui Usaha Kecil Menengah (UKM) dengan sistem gotongroyong persoalan ekonomi di Indonesia bahkan dunia dalam masa pandemi Covid-19 dapat teratasi.

Menurutnya pandemi yang menjadi bencana dunia yang menurunkan ekonomi masyarakat ini, bisa dijadikan tantangan dan peluang untuk pelaku usaha supaya lebih kreatif, inovatif mengikuti program pemerintah dalam mengelola produk UKM.

"Saat ini kita menghadapi 2 permasalahan diantaranya permasalah pandemi Covid-19 dan permasalahan ekonomi dampak dari covid-19, namun hal itu harus diselesaikan bersama sesuai keahliannya," Hal tersebut disampaikan pada sambutan pembukaan pada kegiatan pembinaan dan penyuluhan Usaha Kecil Menengah (UKM) dalam aktualisasi pancasila di serang kamis, (6/8/2020).

Selain itu salah satu upaya untuk mengatasi persoalan tersebut yakni dengan cara meyakinkan kepada konsumen bahwa produk Usaha Kecil Menengah (UKM) diproduksi sesuai dengan protokol kesehatan. Sehungga para konsumen setia untuk membeli.

"Pandemi bisa jadi peluang dengan meyakinkan kepada konsumen bahwa proses produksi produk kita sudah sesuai protokol kesehatan," tuturnya.

Dr. Rima Agristina, S.H., S.E., M.M juga mengatakan optimisme menjadi hal penting bagi pelaku UKM untuk mengatasi permasalahan ekonomi sehingga diharapkan para pelaku UKM dapat bertukar pikiran sesama pelaku usaha sehingga dapat memberikan inspirasi.

"Optimisme menjadi hal penting bagi kita semua untuk mengatasi permasalahn ekonomi," tegasnya.

Acara yang digelar sampai jum'at (7/8/2020) itu diikuti 100 pelaku UKM dengan menghadirkan sejumlah narasumber profesional diantaranya Direktur Evaluasi BPIP Edi Subowo, S.H., M.H., Kepala Badan Kesbangpol Provinsi Banten Drs. Ade Ariyanto,M.Si., Kepala Dinas Koperasi & UKM Provinsi Banten Dr. H. Tabrani, M.Pd. Tenaga Ahli Penyusun Alat Ukur UMKM Dr. Amelia Naim Indrajaya, M.B.A., dan Tenaga Ahli Penyusun Alat Ukur UMKM Liza A.M. Nelloh, S.E., M.M., (ER)