BPIP dan TVRI Perkuat Komitmen dalam Mengarusutamakan Nilai-nilai Pancasila


Jakarta:- Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) bersama Televisi Republik Indonesia (TVRI) menandatangani nota kesepahaman bertempat di gedung TVRI Selasa, (14/9). 
 
Acara daring dan luring tersebut diharapkan TVRI menjadi mitra dalam mengarusutamakan nilai-nilai Pancasila melalui berbagai ruang lingkup baik dialog interaktif dan siaran-siaran lainnya, seperti informasi, pendidikan, dan atau hiburan yang disajikan dalam bentuk berita, gambar, suara teks dan video dengan konsep kekinian. 
 
Kepala BPIP Prof.Drs. K.H Yudian Wahyudi, M.A., Ph.D menilai televisi plat merah tersebut juga dipastikan konsisten sebagai televisi pemersatu bangsa yang selalu menayangkan berita-berita atau program yang mengedukasi serta bermanfaat untuk masyarakat luas.
 
 
"Ya kami berharap TVRI terus konsisten dalam menyampaikan program-program yang selalu mengedukasi serta bermanfaat bagi masyarakat", ucapnya.
 
 
Dirinya juga mengakui televisi sangat strategis dalam mengarusutamakan nilai-nilai Pancasila karena sekitar 91 persen penduduk Indonesia masih menonton televisi.
 
 
"Sekitar 91 persen penduduk Indonesia  masih menonton televisi, meski dunia digital begitu pesat dengan munculnya YouTube dan streaming," ujarnya. 
 
Sementara itu Direktur Utama Lembaga Penyiaran Publik TVRI Imam Brotoseno mengatakan pihaknya akan menyiarkan program tidak hanya sekedar dialog dan talkshow. Juga pembuatan mini seri, drama, atau hiburan yang lain.
 
 
"Saat ini 1 dari 3 penduduk Indonesia adalah anak muda atau milenial. Karena itu, kita harus menyiapkan konten bermuatan nilai-nilai Pancasila dengan program yang menyasar ke aspirasi anak muda," katanya.
 
 
Dirinya bahkan mengakui Pancasila hadir sebagai jiwa bangsa Indonesia sebagai nilai kehidupan. Pancasila juga membentuk sikap watak perilaku, nilai-nilai dan norma serta etika. Ia berharap kerjasama mensinergikan BPIP dan TVRI dalam menyebarkan nilai-nilai Pancasila.
 
 
Dengan enerapkan protokol kesehatan COVID-19 acara tersebut dihadiri langsung Kepala BPIP Prof. Drs. KH. Yudian Wahyudi, M.A., Ph.D, Direktur Utama Lembaga Penyiaran Publik Televisi Imam Brotoseno, Staf Khusus Ketua Dewan Pengarah BPIP Romo Antonius Benny Susetyo Wakil Ketua Dewan Pengarah BPIP Jenderal TNI (Purn) Try Sutrisno secara daring dan  Pejabat Tinggi Pratama dan Madya secara daring dan luring. (ER)