Duta Pancasila Edukasi Masyarakat Cara Pencegahan COVID-19 dan Healing


Malang:- Duta Pancasila Kabupaten Malang menggelar Live Talk secara daring via live streaming Instagram, Minggu (18/7). Kegiatan ini sebagai bentuk edukasi kepada masyarakat tentang cara mencegah COVID-19 dan Healing aman selama pandemi.
 
Duta Pancasila menghadirkan narasumber Dr. Janes Jainurakhma, M.Kep dari STIKES Kepanjen, Kabupaten Malang.
 
Rias Fathanawati selaku moderator menyampaikan bahwa kegiatan semacam ini rutin dilakukan Duta Pancasila. Kegiatan edukatif selaku digeber untuk memberikan dampak energi positif kepada masyarakat.
 
Janes Jainurakhma dalam paparannya menyampaikan, healing adalah sebuah proses penyembuhan diri. Upaya efektif untuk melakukan healing adalah dari diri sendiri dan lingkungan sekitar.
 
"Healing yang sempurna dilihat dari jiwa, pikiran serta support system dari lingkungan sekitar," ujarnya.
 
Menurutnya, healing akan berhasil ketika mendapat support penuh. Contohnya support dari keluarga, teman maupun tetangga.
 
Selain itu spiritualitas juga dapat mendukung proses healing, dengan berdoa kepada Tuhan, berikhtiar menjalankan pola hidup sehat serta mematuhi protokol kesehatan dengan ketat.
 
"Beberapa cara mencegah COVID-19 adalah hal-hal yang paling dekat dengan diri kita contohnya mandi, mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir, makan makanan bergizi, selalu berpikiran positif dan tentunya mematuhi prokes ya," bebernya.
 
Janes menguraikan, COVID-19 tidak hanya menyerang saluran pernafasan saja, tetapi bisa juga menyerang saluran pencernaan dan lainnya.
 
COVID-19 dapat dicegah dan juga dapat disembuhkan. Tetapi setiap individu berbeda cara penanganannya, karena beberapa orang yang memiliki riwayat penyakit seperti jantung, asma ataupun penyakit lainnya akan lebih sulit penyembuhannya.
 
"Anjuran pemerintah untuk melakukan vaksin sangat bagus dan penting karena sebagai upaya untuk melindungi tubuh dari virus yang berada di lingkungan sekitar. Tugas dokter saat ini adalah menurunkan gejala, mensupport dan meningkatkan imunitas," jelasnya gamblang.
 
Duta Pancasila menyediakan voucher pulsa bagi peserta Live Talk yang aktif bertanya dan berdialog. Ada tiga pemenang sebagai peserta terbaik. Mereka adalah @fajarduri_, @ulumulwasithoh dan @gothica_putra. Selamat bagi para pemenang!. (MNA/ER)