Deputi Bidang Jianri : Regulasi, Jembatan Konkretisasi Pancasila


Jember (20/06) - Deputi Bidang Pengkajian dan Materi (Jianri) BPIP, FX Adji Samekto menghadiri Diskusi Kelompok Terpumpun/FGD Serap Aspirasi Alim Ulama dan Akademisi yang diselengarakan oleh Biro Hukum dan Organisasi BPIP pada (18-21/6/2020) di Jember, Jawa Timur.
Dalam kesempatan itu (20/6/2020), Adji mewakili BPIP menyampaikan terimakasih atas masukan dan saran yang telah disampaikan oleh Para Alim Ulama dan Akademisi selama kegiatan berlangsung. Masukan dan saran dari Para Alim Ulama dan Akademisi sangat berharga bagi BPIP.
Lebih lanjut, Guru Besar Ilmu Hukum Universitas Diponogoro itu mengatakan, masukan dan saran itu sudah dicatat dengan baik, dan akan menjadi pegangan BPIP ke depan dalam menyusun kebijakan dan regulasi terkait pembinaan Ideologi Pancasila.
Dirinya berpendapat, “nilai-nilai (Pancasila) yang abstrak, perlu dikonkretkan, bagaimana (cara) mengkonkretkan itu, (tentu) dengan regulasi-regulasi”.
Terkait dengan regulasi pembinaan ideologi Pancasila, Adji menegaskan, “dalam tataran ini kita tidak berebicara lagi soal Pancasila sebagai tuntunan moral semata, tetapi lebih dari itu bagaimana menghadirkan Pancasila di dalam kehidupan kita sebagai sebuah bangsa”.
Menurutnya, diperlukan sebuah regulasi, “bagaimana menjabarkan nilai-nilai Pancasila ke dalam sasarana pembangunan, pembangunan nasional itu merupakan perwujudan pembangunan nasional yang lebih konkret”.
“Inti dari pembangunan nasional adalah mewujudkan masyrakat adil dan makmur”, pungkasnya. (Ams)