BPIP: IAP, Program Priorirtas Nasional RPJMN 2020-2024


Jakarta (19/06) - Plt. Deputi Bidang Hubungan Antar Lembaga, Sosialisasi, Komunikasi, dan Jaringan, Adji Samekto membuka Rapat Koordinasi Persiapan Penyusunan Index Aktualisasi Pancasila (IAP) pada Jumat (19/6/2020). IAP merupakan Program Prioritas Nasional yang tercantum dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2020-2024.
Rapat Koordinasi Persiapan Penyusunan IAP diselengarakan oleh Direktorat Pembudayaan BPIP, dan dihadiri oleh Jajaran Sestama dan Kedeputian BPIP, Kemenkeu, Bappenas, dan BPS. Dipimpin langsung oleh Plt. Deputi Bidang Hubungan Antar Lembaga, Sosialisasi, Komunikasi, dan Jaringan.
Dalam sambutannya, Adji mengatakan Garis Besar Haluan Ideologi Pancasila (GBHIP) bisa digunakan sebagai referensi dalam penyusunan IAP. Salah satu inti dari GBHIP adalah membangun karakter bangsa (nation character building).
“GBHIP sudah ditandatangani oleh Ketua dan Seluruh Anggota Dewan Pengarah BPIP (pada Agustus 2019),” ungkapnya.
Lebih lanjut, Guru Besar Ilmu Hukum Universitas Diponogoro itu mengatakan, “Pancasila sebagai pandangan hidup, ideologi, dan dasar negara, ketiga-tiganya tidak bisa dipisahkan satu sama lain. Tugas BPIP (salah satunya) adalah mengenalkan Pancasila seperti itu, melalui pendidikan, pembinaan”.
Dalam kesempatan yang sama, Direktur Perencanaan dan Keuangan BPIP, Tonny Arifianto mengatakan Pancasila pascareformasi 1998 seperti hanya digunakan sebagai jargon.
Menurut Tonny, kini dalam Program Revolusi Mental yang dikomandoi Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) dan penyusunan IAP, Pancasila harus dihadirkan, dan BPIP memiliki peran strategis.
“seluruh peraturan perundangan harus sesuai dengan Pancasila”, pungkas Tonny. (Ams)