Wah!!! BPIP Tantang Generasi Bangsa Orasi Pancasila


Jakarta:- Dalam rangka memperingati Hari Lahir Pancasila tahun 2021 Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) menggelar sejumlah perlombaan salah satunya adalah lomba orasi 1 juni.
 
Koordinator bidang lomba Toto Purbiyanto, S.Kom., M.Ti mengatakan tahun ini perlombaan mengusung tema Pancasila dalam Tindakan Bersatu untuk Indonesia Tangguh dan kembali akan digelar secara “Live” di kanal youtube BPIP. 
 
Direktur Standarisasi Materi dan Metode Formal non Formal dan Informal BPIP itu juga menjelaskan orasi berisi sejarah 1 juni dengan substansi sejarah lahirnya Pancasila pada tanggal 1 juni 1945 dengan durasi maksimal 5 menit dan diunggah ke kanal youtube masing-masing peserta.
 
“Nah itu ketentuan umum, kemudian ketentuan khususnya adalah tampilan visual orasi video setengah badan, menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar tidak menampilkan berbagai lambang dan logo yang bersifat komersial, politik, logo terlarang lainnya dan substansi orasi tidak plagiat”, ucapnya saat diwawancara via WhatsApp Selasa, (8/6).
 
Pendaftaran dan seleksi awal perlombaan yang digelar setiap tahunnya itu akan dibuka mulai pada tanggal 1 juni sampai dengan 15 juli 2021 dengan mengisi formulir secara online melalui link bit.Iy/LombaOrasi1Juni .
 
Seleksi tahap I akan dilaksanakan pada 16 juli 2021 sampai dengan 23 juli 2021 oleh dewan juri yang dinilai profesional. Kemudian pengumuman 10 besar peserta terbaik akan dilaksanakan pada 28 juli 2021, hasil penilaian akan diumumkan melalui Website dan media sosial BPIP dan 10 terbaik akan ditampilkan secara live di kanal youtube BPIP dilaksanakan pada 4 Agustus 2021.
 
Ia menegaskan dari 10 terbaik akan kembali diseleksi melalui tahap II dilaksanakan pada 4 sampai dengan 6 Agustus 2021 dan dipilih menjadi 3 peserta terbaik yang akan diumumkan pada tanggal 10 Agustus 2021.    
 
Ia mengaku kategori perlombaan akan diikuti oleh Pelajar tingkat Sekolah Dasar, Kategori Pelajar Tingkat SLTP, SLTA atau Sederajat dan Kategori Mahasiswa dan akan merebutkan total hadiah 36 juta rupiah. 
 
“Yah kami berharap lomba ini menjadi motivasi dan kesempatan terbaik untuk putra-putri bangsa dalam memaknai dan menginternalisasi nilai-nilai Pancasila”, ujarnya. (ER)