Di Depan Munas LDII, Presiden Berpesan Junjung Tinggi Pancasila dan UU 1945


Jakarta:-Presiden Joko Widodo berpesan kepada Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII) untuk menjunjung tinggi Pancasila dan Undang-undang Dasar 1945.
 
Presiden yang sudah menjabat dua periode itu juga menitipkan empat pesan kepada organisasi keagamaan di Indonesia yang harus dipegang sebagai pedoman berbangsa dan bernegara.
 
"Pertama organisasi keagamaan harus mengedepankan prinsip yang menjunjung tinggi Pancasila dan Undang Undang Dasar 1945", ucapnya saat membuka Musyawarah Nasional ke-IX Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII) dengan tema "Penguatan SDM Profesional Religius untuk Ketahanan dan Kemandirian Bangsa Menuju Indonesia Maju" secara daring Rabu, (7/4).
 
Menurutnya, organisasi keagamaan wajib menjunjung tinggi toleransi terhadap sesama. Organisasi keagamaan juga harus membuka ruang terhadap kepercayaan lain untuk saling menghargai.
 
"Organisasi keagamaan juga harus memberi ruang terhadap orang lain dan menghargai kesetaraan dan bersedia bekerjasama", ujarnya.
 
Selanjutnya poin ketiga, organisasi harus memiliki prinsip anti kekerasan menolak kekerasan fisik dan verbal dan yang terkahir, ia meminta kepada organisasi keagamaan harus bisa menghargai tradisi dan budaya lokal yang ada di masyarakat Indonesia.
 
"Kita ini bhineka, merupakan warisan leluhur kita sebagai bangsa Indonesia yang harus dihargai tradisi dan budayanya", tegasnya. (ER)