Jayakarta Benteng Pancasila Menjadi Program Sinergis dalam Mengenalkan Pancasila


Jakarta:- Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Prof. Drs. K.H. Yudian Wahyudi, M.A., Ph.D bersama Pangdam Jaya Mayor Jenderal TNI Dudung Abdurachman, S.E., M.M resmi me-launching program ‘Jayakarta Benteng Pancasila’, Rabu (07/04).

Program ini diinisiasi oleh Pangdam Jaya yang juga menggandeng BPIP untuk menanamkan nilai-nilai Pancasila pada setiap sudut kampung yang berada dalam jaringan Kodam Jaya, meliputi Provinsi DKI Jakarta dan sekitarnya (Jabodetabek).

Dalam sambutannya, Kepala BPIP mengucapkan terimakasih kepada Pangdam Jaya yang mensinergikan program ‘Jayakarta Benteng Pancasila’ dan ‘Kampung Pancasila’ yang menjadi salah satu program untuk mengenalkan nilai-nilai Pancasila.

Gerakan seperti ini patut dicontoh untuk menjadi rujukan oleh semua elemen masyarakat maupun lembaga pemerintah bahwa upaya pensinergian dan penanaman nilai-nilai Pancasila menjadi modal utama dalam berbangsa dan bernegara.

Dalam kegiatan ini, Kepala BPIP juga menambahkan bahwa dalam waktu dekat BPIP akan me-launching Buku Ajar Pancasila.

“Insyaallah besok tanggal 9 April, kita diminta oleh Presiden dan DPR RI untuk menyiapkan Buku Ajar Pancasila dari mulai PAUD sampai perguruan tinggi yang ditangani oleh 120 ahli dari berbagai bidang dan juga lintas agama,” ungkapnya.

Nantinya akan ada 15 teks Buku Ajar Pancasila untuk pendidikan formal yang tersusun atas teori dan praktek dalam mengutamakan keteladanan Pancasila yang disampaikan dengan dongeng, musik, film, olahraga, animasi dan cara-cara milenial lainnya.

“Dengan demikian Pancasila bisa diserap oleh anak-anak dengan mutlak dan alamiah baik di dalam sekolah maupun luar sekolah”, sambungnya.

Selaras dengan hal tersebut, Pangdam Jaya sepakat bahwa penyuluhan pengetahuan Pancasila kepada masyarakat harus dilakukan dengan cara-cara kolektif seperti membuat program online, offline, dan kombinasi untuk membangun semangat Pancasila.

“Pancasila harus menjadi roh dan jiwa dari setiap perilaku dari pribadi-pribadi masyarakat,” tutupnya saat memberi sambutan pada acara launching program ‘Jayakarta Benteng Pancasila.’

Acara yang digelar di Aula Sudirman Makodam Jaya, Jakarta Timur turut serta dihadiri oleh Sekretaris Utama dan Pejabat BPIP, Perwakilan Pemerintah Daerah, Tokoh-tokoh agama dari FKUB, MUI, PWI Jaya, Dewan Kota, PHDI, dan para undangan lainnya. (FAW)