Jokowi Bakal Lelang Si 'Gesits' di Konser Amal Peduli Covid-19


JAKARTA – Presiden Joko Widodo akan melelang si ‘Gesits’, sepeda motor listrik pertama dalam konser virtual solidaritas bertajuk Berbagi Kasih Bersama Bimbo, Bersatu Melawan Korona yang diselenggarakan oleh Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP), Minggu (17/5/2020).

Konser tersebut hasil kerja sama BPIP dengan MPR RI, Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19, Indika Foundation, dan GSI Lab. Staf Khusus Dewan Pengarah BPIP Antonius Benny Susetyo mengatakan konser virtual tersebut akan dikemas mirip dengan konser Didi Kempot.

Konser ini akan diikuti oleh Presiden RI Joko Widodo,Wakil Persiden RI K.H. Ma'aruf Amin, Ketua Dewan Pengarah BPIP Megawati Soekarnoputri, Ketua MPR RI Bambang Soesatyo, Kepala Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Doni Monardo, serta artis-artis ternama sebagai pengisi acara seperti Judika, Rossa, Via Vallen dan masih banyak lagi.

"Benar Presiden Jokowi nanti akan ikut di konser bersama pejabat negara lain, nanti sepeda motor miliknya akan dilelang. Beberapa pejabat negara lainnya seperti Ibu Megawati Soekarnoputri juga akan ikut lelang," kata Benny.

Dia mengatakan gagasan utama penyelenggaraan konser tersebut untuk mengumpulkan donasi untuk masyarakat terdampak virus corona, nantinya donasi tersebut akan disalurkan lewat Kitabisa.com.

"Kami ingin membangun kekompakan elit politik bergotong royong untuk membantu masyarakat yang terdampak virus corona, makanya beberapa lembaga negara akan ikut serta," jelasnya.

Benny mengingatkan gotong royong merupakan jalan keutaman hidup yakni dalam satu bahasa kita bergotong royong dalam keyakinan akan Tuhan yang menyertai bangsa ini. Selain itu semangat optimis harus tetap ditumbuhkan dalam menghadapi pandemi Covid-19.

"Kita yakin bahwa dengan gotong royong dan persatuan semua rintangan bisa kita atasi bersama. Gerak mata batin menjadi kekuatan kita untuk tidak mudah putus asa tetapi optimis kita bangsa besar akan mampu keluar dari krisis ini," tutur Benny.

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo mengatakan dukungan para pejabat negara menunjukan bahwa mereka kompak, solid dan negara tak melupakan para seniman dan pekerja seni.

"Konser ini memperkuat solidaritas para pemimpin dan kehadiran negara dalam membantu masyarakat menghadapi pandemi Covid-19. Memang konser ini belum bisa membantu seluruh kalangan seniman, namun setidaknya bisa menjadi penggerak solidaritas bagi pihak lain yang ingin melakukan hal serupa," papar Bambang Soesatyo melalui keterangan resminya.

Konser musik dipilih lantaran, menurutnya, lagu punya daya magis yang luar biasa dalam menenangkan jiwa. Rasanya berbagai kalangan dari mulai baby boomer hingga millenial, generasi X dan Y, mengenal dengan baik group musik BIMBO.

"Lantunan lagu religius yang mereka dendangkan sangat menyejukan. Mudah-mudahan bisa membuat kita sedikit merasa rileks menjalani Ramadhan ditengah pandemi Covid-19," pungkasnya.