Provinsi Lampung Menjadi Daerah Ke-5 yang Mendeklarasikan Jejaring Pancamandala


Lampung:- Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) kembali mendeklarasikan Jejaring Pancamandala. Setelah 4 Provinsi Pancamandala kini dideklarasikan di Provinsi Lampung Selasa, (15/12).
 
Kepala BPIP Prof. Drs. K.H Yudian Wahyudi, M.A. PhD berharap dideklarasikannya Pancamandala di Provinsi Lampung menjadi kekuatan persatuan sosial.
 
"Karena kita dapat bersatu maka pasti diberikan rahmat oleh tuhan seperti jaman dulu dengan diberikan kemerdekaan", ucapnya saat sambutan melalui daring.
 
Dirinya juga berharap dibentuknya Pancamandala "Sai Bumi Ruwa Jurai" tersebut dapat saling mengisi, bekerja sama dan memberikan yang terbaik untuk bangsa dan negara.
 
"Perlu saya sampaikan, nanti kita kerjasama lebih lanjut dengan BPIP, sehingga tidak berhenti disini", tegasnya.
 
Dirinya juga berharap dengan adanya forum Pancamandala yang diisi 5 unsur kekuatan yakni Pemerintah, Akademisi, Dunia Usaha, Media dan Organisasi Kemasyarakatan dapat menjadi rumah dalam membumikan Nilai-nilai Pancasila.
 
"Kolaborasi dari berbagai pihak ini diharapkan dapat menjadi sebuah wadah untuk membumikan Pancasila", harapnya.
 
Ia juga berterimakasih kepada Pemerintah Provinsi Lampung yang sudah memberikan dukungan untuk membumikan nilai-nilai Pancasila.
 
"Kami juga mengucapkan terimakasih kepada pemprov Lampung yang telah mendukung dan mendorong membumikan nilai-nilai Pancasila", tutupnya.
 
Staf Khusus Ketua Dewan Pengarah Romo Benny Susetyo mengatakan forum Pancamandala menjadi penting jika ada aktualisasi dan tindakan dalam membumikan nilai-nilai Pancasila kepada masyarakat. 
 
Sebenarnya deklarasi ini seperti di daerah-daerah lain di Banten, Semarang, Jogja atau di Palembang tetapi yang penting aktualisasi dan tindakannya", tegasnya.
 
Dirinya memastikan setiap program BPIP dalam mensosialisasikan Pancasila jejaring Pancamandala di setiap daerah dapat dilibatkan.
 
"Ke depan BPIP tidak bisa sendiri, jadi BPIP harus punya mitra lintas", ujarnya.
 
Wakil Gubernur Lampung Chusnunia Chalim, M.Si., M.Kn., Ph.D mengapresiasi dengan upaya-upaya BPIP untuk membumikan Nilai-nilai Pancasila
 
"Dengan Pancasila Indonesia pada umumnya dan Provinsi Lampung khususnya adalah harapan dan rujukan masyarakat internasional untuk membangun dunia yang damai l, adil dan makmur ditengah kemajemukan" ucapnya.
 
Dirinya Juga mengimbau kepada masyarakat Provinsi Lampung untuk mewaspadai segala bentuk pemahaman dan gerakan yang tidak sejalan dengan Pancasila.
 
"Saya mengajak kepada seluruh komponen masyarakat dan peserta forum untuk bersatu padu membumikan dan mengamalkan nilai-nilai Pancasila di bumi Lampung berjaya Sai Bumi Ruwa Jurai ini," tutupnya. (ER)