BPIP: Pilkada Bagian Demokrasi Pancasila


Jakarta:- Staf Khusus Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Romo Benny Susetyo mengatakan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) menjadi momentum untuk menguatkan nilai- nilai Pancasila. Terlebih, Pilkada tahun ini terasa berbeda karena Indonesia dan dunia sedang dilanda pandemi COVID-19. 
 
Kondisi itu membuat penguatan nilai Pancasila sangat dibutuhkan agar masyarakat tidak terpecah belah dan tetap bersatu dalam melewati masa-masa krisis ini. Menurut Romo Benny, penguatan nilai Pancasila mempunyai pengaruh karena bisa menjaga persatuan, sesuai sila ke-3, Persatuan Indonesia. 
 
“Kita berharap agar masyarakat aktif dan partisipasi untuk memilih pemimpin daerah yang mampu mengatasi COVID dan menjalankan tugas pelayanan publik”, jelasnya saat dihubungi via whatsapp (12/8).
 
Romo menjelaskan, masyarakat saat ini sudah bisa melihat bagaimana pemimpin yang harus dipilih dan seorang pemimpin harus mengarusutamakan Pancasila. 
 
“Pancasila harus diwujudkan dalam aktualisasi dengan memilih pemimpin yang bisa menjaga persatuan lewat pemimpin yang bisa menjaga Bhineka Tunggal Ika,” jelasnya.
 
Selain itu, Romo Benny mengatakan nilai-nilai Pancasila harus dilakukan seorang pemimpin yang nantinya dipilih oleh rakyat. Dia mengaku bahwa seorang pemimpin harus menjalankan Pancasila lewat perwujudan nyata.
 
”Mewujudkan nilai nilai keadilan sosial lewat perwujudan nyata serta kebijakan yang berpihak kepada mereka yang lemah dan juga miskin,” jawabnya.
 
Rohaniawan itu juga meminta agar masyarakat juga menaati peraturan Kesehatan selama menjalankan pemilihan besok.”protap Kesehatan juga harus dijalankan, masyarakat untuk tidak melakukan kerumunan saat di TPS, ”jawabnya. (BM)