Jejaring Pancamandala Sebagai Upaya Menjaga Keharmonisasian Sosial


Sumatera Selatan:- Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila Prof. Drs. K.H Yudian Wahyudi, M.A. PhD menegaskan pembentukan jejaring Pancamandala sebagai upaya menjaga keharmonisan sosial terutama Pancasila.
 
"Kami berharap Pancamandala Sriwijaya menjadi wadah berkumpul, bekerjasama dalam rangka menjaga keharmonisan", ucapnya saat membuka acara pengukuhan jejaring Pancamandala Sriwijaya di Sumatera Selatan Rabu, (2/12).
 
Dirinya juga berharap dengan terbentuknya jejaring Pancamandala di Sumatera Selatan dapat bergotong royong dalam membumikan nilai-nilai Pancasila.
 
"Jejaring Pancamandala ini dapat mempertemukan pemangku kepentingan, membuka ruang partisipasi yang lebih besar sehingga tantangan sosial bisa diselesaikan lebih akurat", tegasnya.
 
Direktur hubungan antar lembaga dan kerjasama BPIP Elfrida Herawati Siregar mendorong terbentuk forum tersebut dapat sinergi bersama 5 unsur kekuatan.
 
"Kerja sama di setiap Provinsi hingga Kabupaten Kota melalui sinergi baik dengan masyarakat, akademisi, pengusaha maupun media". Ujarnya.
 
Dirinya menjelaskan tujuan dibentuknya forum tersebut untuk mengkolaborasikan potensi dan kekuatan bangsa dan negara.
 
Forum Pancamandala sriwijaya yang bermakna saling berkolaborasi antar unsur dalam mengamalkan nilai Pancasila di bumi Sriwijaya Provinsi Sumatera Selatan.
 
Dalam kesempatan yang sama Gubernur Sumatera Selatan Hj. Mawardi Yahya mengapresiasi pembentukan forum tersebut.
 
"Hari ini merupakan deklarasi yang menjadi pedoman dalam kehidupan kita sehari hari yaitu pancasila", ungkapnya.
 
Menurutnya hal yang dapat mempertahankan Kesatuan Republik Indonesia dalam kehidupan sehari-hari. (ER/EJ)