Kapolres Malang: Generasi Muda Harus Mampu terapkan Nilai-nilai Pancasila


Malang:- Kapolres Malang AKPB Hendry Umar berpesan pada calon Duta Pancasila Kabupaten Malang untuk mampu mengajak dan menerapkan nilai-nilai Pancasila. Semua nilai-nilai positif Pancasila ini menjaga dan menguatkan bangsa Indonesia.
 
Kapolres Malang menyampaikan nilai-nilai dasar yang terkandung dalam Pancasila telah dibuat pendiri bangsa sesuai dengan nilai kehidupan bangsa Indonesia. Ia menjelaskan Indonesia memiliki beragam suku, budaya, bahasa, dan agama, semua tersebut disatukan dalam Pancasila.
 
"Pancasila sebagai dasar negara tidak boleh sedikit dari siapapun untuk mengganti Pancasila sebagai dasar negara," kata Hendry saat pengarahan 30 besar Duta Pancasila Kabupaten Malang 2020, di Aula Sanika Polres Malang, Kabupaten Malang, Rabu (4/11).
 
Hendry menyampaikan Pancasila harus menjadi pedoman generasi muda dalam kehidupan. Begitu juga dalam pelaksanaan, pengabdian berbangsa dan bernegara, semua wajib berlandaskan Pancasila.
 
"Pancasila memiliki harga mutlak. Pancasila harus ada tetap ada setiap jati diri bangsa," tambahnya.
 
Kapolres Malang pun juga berpesan pada generasi muda, nilai-nilai Pancasila wajib diimplementasikan pada pekerjaan. Ia menambahkan bahwa ada sejarah panjang tentang penyusunan Pancasila ini.
 
"Ingat arti penting lahirnya Pancasila. Pancasila sebagai pemegang keutuhan, menjaga keamanan NKRI hingga dapat menangkal sikap buruk radikalisme, konflik sosial, terorisme," ucapnya.
 
Sebagai informasi, Audisi Duta Pancasila Kabupaten Malang 2020 masuk seleksi tahap empat. Sebanyak 30 nominator bakal unjuk bakat dan kreativitasnya di hadapan dewan juri. Sebelum menampilkan bakat dan kreasi, panitia mewajibkan peserta untuk mengikuti pertemuan  pengarahan dari Kapolres Malang AKBP Hendri Umar, Dandim 0818 Malang-Batu Letkol Inf Yusub Dody Sandra, dan Pemimpin Redaksi TIMES Indonesia Yatimul Ainun. (*/ER)