Pemerintah Provinsi Banten Dukung Penuh Lembaga Jejaring Pancamandala


Serang:- Gubernur Banten Wahidin Halim mendukung penuh pembentukan lembaga jejaring Pancamandala di tanah jawara.

Hal tersebut ditegaskan saat sambutan pada Deklarasi Pembumian Pancasila di Bumi Banten di Universitas Islam Negeri Sultan Maulana Hasanuddin Serang Banten Kamis, (16/10).

"Kalau jaman saya dulu P4 saat ini ada Badan baru dan perlu didorong bagaimana mengimplementasikannya terutama di Banten," ucapnya.

Menurutnya Banten merupakan Daerah yang memiliki masyarakat majemuk, sehingga perlu lembaga penguatan Pancasila.

"Bahkan disini (Banten) cukup banyak tempat ibadah dari berbagai agama, dan tempatnya cukup berdekatan tetapi sangat rukun", terangnya.

Dirinya juga menghimbau kepada masyarakat di masa pandemi COVID-19 ini, masyarakat untuk saling tolong-menolong karena bagian dari implementasi nilai-nilai Pancasila.

"Pemerintah Provinsi Banten terus berupaya menekan angka kasus COVID-19, salah satunya dengan cara gotong royong bagian dari nilai-nilai Pancasila", ungkap yang biasa disapa WH itu.

Dalam kesempatan sama Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Prof. Drs. K.H Yudian Wahyudi, M.A., Ph.D mengatakan pembumian Pancasila perlu sinergitas yang efektif seperti pembentukan lembaga di tingkat bawah.

"Dengan kekuatan 5 unsur seperti Pemerintah, Akademisi, dunia usaha, organisasi kemasyarakatan dan media, dipastikan Pendidikan Ideologi Pancasila akan tersosialisasikan", terangnya.

Dirinya juga menjelaskan, ragamnya ancaman intoleransi, aksi kejahatan atau kriminal menjadi tantangan bersama untuk menjaga, mempertahankan dan mengarusutamakan nilai-nilai Pancasila.

"Kompleksitas ancaman Perlu adanya kolaborasi untuk menjaga dan mempertahankan nilai-nilai Pancasila", tegasnya.
Dirinya juga berharap lembaga yang pertama kali dideklarasikan di Banten ini dapat dibentuk di Provinsi-Provinsi lain di Indonesia. (ER)