Draf Standar Materi Induk PIP Bagi Aparatur Negara Ditargetkan Rampung November


Bekasi;- Draf standar materi induk pembinaan ideologi Pancasila bagi Aparatur Negara ditargetkan rampung bulan November tahun 2020. Kemudian draf buku tersebut akan dibahas di dalam internal Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP).

"Setelah ini, kita akan tampung hasil diskusi dari berbagai aspek dan narasumber baik dari internal BPIP maupun internal, kemudian akan dibahas dengan pengarah BPIP", ucap Direktur Standarisasi Materi dan Metode Aparatur Negara BPIP Aris Heru Utomo, SH., MBA., M.Si. usai penutupan diskusi terpumpun penyusunan draf standar materi induk pembinaan ideologi Pancasila bagi Aparatur Negara selasa, (22/9/2020).

Kemudian setelah pembuatan draf buku tersebut, akan dilakukan proses "akseptasi" bersama stakeholders yang terkait seperti Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN), Kementerian PAN-RB, BKN, TNI, Polri dan pejabat Negara lainnya.

"Setelah matang di internal BPIP bulan november kemudian draf buku tersebut akan diproses akseptasi dengan unsur terkait", jelasnya.

Diharapkan draf buku tersebut dapat diterima oleh Aparatur Negara, umumnya masyarakat. Sehingga dalam kesempatan lain dapat segera di-launching dan di-implementasikan.

"Harapannya materi materi yang dikaji dalam draf buku tersebut, dapat diterima kemudian segera di-launching", ungkapnya.

Dirinya menambahkan penulis buku tersebut akan melibatkan kalangan internal BPIP, akademisi, praktisi dan beberapa penulis yang terlibat dalam pusat studi di perguruan tinggi maupun di DPR dan MPR.

"Untuk penulis kita akan melibatkan dari internal BPIP dan luar BPIP seperti, akademisi, praktisi dan lainnya," tutupnya. (ER)