DPR Minta Program Kinerja BPIP 2021 Ditingkatkan


Jakarta;- Komisi II DPR RI menggelar Rapat Dengar Pendapat dengan Kementerian Sekretariat Negara (Kemensetneg), Sekretariat Kabinet (Setkab), Kantor Staf Presiden (KSP) dan Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) terkait pembahasan RKA K/L berdasarkan Pagu Anggaran RAPBN Tahun Anggaran 2021. Pagu anggaran sudah disahkan Ketua Komisi II DPR untuk Anggaran Kinerja BPIP 2021.

Dalam kesempatan rapat tersebut, Ketua Komisi II DPR RI Ahmad Doli Kurnia Tandjung S.Si.,MT meminta kepada BPIP untuk meningkatkan kinerja yang sudah baik dijalankan pada tahun 2019 sampai 2020 ini bisa lebih meningkatkan kembali kinerjanya di tahun  2021 mendatang.

"Jadi ini ya, program program yang dilakukan BPIP semakin hari semakin baik, bagus dan semakin membumi. Dan itu juga alasan kita di Komisi II DPR menambah anggaran supaya membumikan pancasila serta mengarusutamakan kehidupan pancasila di masyarakat dan bernegara ini", jelasnya saat memimpin Rapat Komisi II di Ruang Rapat DPR RI 21/09/20.

Politisi Partai Golkar ini menjelaskan, ketetapan anggaran yang sudah ditetapkan kepada BPIP diharapkan mampu menunjang kinerja yang bertugas membumikan Pancasila kepada masyarakat luas bisa segera terwujud.

"Saya kira ada 2 hal yang harus dilakukan BPIP, yang pertama dari anggaran 240 miliar itu, coba di breakdown dengan program yang kongkrit dan yang kedua harus dibuat perencanaan dalam setahun kedepan disusun program menarik, baru, genuin sesuai dengan pesan presiden tujuan utama anak anak muda dan kecil bisa memahami Pancasila", jelasnya.

Usai disahkan dan disetujui oleh Ketua Komisi II beserta anggota Komisi II DPR lainnya mendukung penuh dengan program kegiatan BPIP untuk tahun anggaran 2021. Sehingga diharapkan pembinaan ideologi Pancasila dapat terukur dan tepat sasaran serta mampu membumikan Pancasila dengan cepat terhadap masyarakat.

“Kami mendukung penuh sebetulnya, karena Pancasila ini masalah ideologi masalah penting, bahkan walaupun anggaran cukup besar, tetapi selama memang diperuntukan program kegiatan yang jelas,” ucapnya.

RDP tersebut diikuti oleh Kepala BPIP Prof. Drs. KH. Yudian Wahyudi, MA., Ph.D, Sekretaris utama BPIP DR. Drs. Karjono, SH, M.Hum. Kepala Biro Pengawasan Internal, Kedeputian BPIP dan Kapusdatin BPIP serta sejumlah institusi dan lembaga lainnya seperti Kementerian Sekretariat Negara, Sekretariat Kabinet, dan Kantor Staf Presiden. (BM)