Diklat PIP Ditutup, 101 Orang Anggota Ormas di DIY Jadi Duta Pancasila


Yogyakarta;- Pendidikan dan Pelatihan bagi Organisasi Kemasyarakatan (Ormas) di Yogyakarta resmi ditutup jum'at, (11/9/2020). Penutupan langsung oleh Deputi Bidang Pendidikan dan Pelatihan Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Dr. Baby Siti Salamah, M.Psi., Psikolog itu, berlangsung khidmat.

Dalam sambutannya, Dr. Baby Siti Salamah, M.Psi Psikolog berharap 101 orang yang mengikuti pendidikan dan pelatihan selama 4 hari tersebut menjadi duta Pancasila sehingga dapat menjaga kebhinekaan, mensosialisasikan dan membumikan nilai-nilai Pancasila sesuai kapasitasnya sebagai ormas.

"Jadi lakukan tugas ini, sesuai kapasitas anda sebagai anggota organisasi kemasyarakatan dimanapun anda beraktivitas", ucapnya.

Dirinya juga mengimbau kepada anggota ormas tidak mudah terprovokasi dengan informasi atau berita-berita hoax, tentang Pemerintah atau tentang Pancasila yang bertujuan untuk memecah belah Indonesia.

"Kita pasti setuju ingin melihat Indonesia jaya, Indonesia aman tidak terpecah-pecah," jelasnya.

Dirinya juga mendorong Ormas khususnya di DIY selalu berupaya untuk meningkatkan partisipasi masyarakat, pembinaan, pengembangan dan persatuan kesatuan sesuai nilai-nilai Pancasila.

"Kami juga mendorong Bapak Ibu semua dapat berupaya meningkatkan partisipasi masyarakat dalam nilai-nilai Pancasila", tegasnya.

Sementara itu, salah seorang perwakilan peserta diklat Salahmi, menyampaikan pesan dan kesan positif selama mengikuti diklat kepada Panitia dan umumnya kepada BPIP.

"Saya perwakilan peserta mengucapkan terimakasih kepada BPIP yang sudah mempercayakan kami sebagai Ormas untuk mensosialisasikan dan membumikan nilai-nilai Pancasila", ucapanya.

Dalam akhir acara 101 orang dari 56 Ormas itu-pun diberikan penyambutan sebagai tanda duta Pancasila bagi Organisasi kemasyarakatan. (ER)