Kedeputian Diklat BPIP Gelar DKT Perencanaan dan Kerja Sama Diklat Pembinaan Ideologi Pancasila untuk Aparatur Negara


Bogor - Kedeputian Bidang Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) menggelar Diskusi Kelompok Terpumpun/FGD Penyusunan Kebijakan Strategis dan Program Teknis Perencanaan dan Kerja Sama Diklat Pembinaan Ideologi untuk Aparatur Negara, di Bogor, Jawa Barat. FGD itu berlangsung dari (27/07/2020) sampai (29/07/2020).

Senin (27/07/2020) FGD dimulai dengan pembukaan. Dalam Pembukaan itu, hadir Deputi Bidang Pengkajian dan Materi (Jianri) BPIP, FX Adji Samekto; Deputi Bidang Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) BPIP, Baby Siti Salamah; Direktur Penyelengaraan Diklat, Marsudi Sarwono; Direktur Perencanaan dan Kerja Sama Diklat, Sadono Sriharjo; dan perwakilan dari kementerian/lembaga di tingkat pusat.

Menurut laporan dari Sadono selaku Direktur yang menyelenggarakan kegiatan, FGD diikuti oleh sejumlah kementerian dan lembaga di tingkat pusat. Antara lain: BPSDM Kemendagri, Kemendes PDTT, Puskubuk Kemendikbud, KASN, Badiklat Kejaksaan Agung, Badiklat Kemhan, SSDM Polri, BKN, BPSDM Kemenkumham, Kemenkominfo, KemenpanRB, Mabes TNI AD, Pusdiklat Mahkamah Agung, BNPT, BNN, dan LAN RI.

Pada kesempatan yang sama, dalam sambutannya Deputi Bidang Diklat mengatakan, “kegiatan ini merupakan salah satu upaya dialog strategis yang dilakukan BPIP dengan para pemangku kepentingan, agar terbangun sinergitas dan gotong royong dalam pembumian nilai-nilai Pancasila untuk mewujudkan SDM unggul berdasarkan nilai-nilai Pancasila,”.

Setelah sambutan dari Deputi Bidang Diklat, Deputi Bidang Jianri menyampaikan keynote speech yang mengutarakan urgensi alasan pembinaan ideologi Pancasila.

“Paling tidak ada tiga alasan urgensi mengapa pembinaan ideologi Pancasila itu harus dilakukan, pertama historisitas, selanjutnya yuridis dan sosiologis,” ujar Adji.

Dia juga menyampaikan pendekatan dalam melakukan pembinaan ideologi Pancasila, serta implementasi nilai-nilai Pancasila dalam menghadapi permasalahan yang tengah melanda Bangsa Indonesia, seperti pandemi COVID-19 (virus corona).

Melalui FGD Penyusunan Kebijakan Strategis dan Program Teknis Perencanaan dan Kerja Sama Diklat Pembinaan Ideologi untuk Aparatur Negara, diharapkan tersusunnya rumusan perencanaan dan kerja sama Diklat dalam suatu sistem Nasional Diklat Pembinaan Ideologi Pancasila. (Ams)