Berita

Bulan Kemerdekaan: Rektor Universitas Pancasila Meminta Milenial Selalu Ingat Nilai Pancasila

BY Pusdatin . 23 Agustus 2021 - 11:39

Depok:- Plt Rektor Universitas Pancasila (UP) Edie Toet Hendratno mengatakan sebagai bangsa Indonesia harus bangga atas capaian yang diraih selama Indonesia merdeka. Selama 76 tahun merdeka sudah banyak capaian yang diraih. Misalnya, Indonesia saat ini masuk sebagai negara modern dan secara ekonomi masuk dalam 10 terbaik dunia.

"Banyak prestasi yang dicapai bangsa kita melalui pemerintah. Kita harus bangga dengan bangsa sendiri, jangan menjelekkan bangsa kita karena ini rumah kita," katanya, Senin (23/8).

Capaian secara politik yang dicapai saat ini antara lain bahwa Indonesia semakin dihargai dalam kancah internasional. "Sangat banyak prestasi yang dicapai bangsa kita melalui pemerintah. Kita harus bangga terhadap bangsa sendiri," tegasnya.

Memaknai kemerdekaan ke-76 RI, Edie menuturkan bahwa kemerdekaan adalah hasil dari rasa nasionalisme. Dia pun mengajak agar pimpinan di universitas mengimplementasikan dalam kehidupan di kampus. Misalnya dengan mengenakan pakaian nasional dalam kesempatan tertentu. Dengan demikian akan melekat rasa cinta bangsa negara.

"Dengan demikian tidak menjadi bagian yang menyebarluaskan berita negatif, ini punya kita loh, kalau menjelekkan punya kita sendiri kan tidak bagus," ungkapnya.

Dia berpesan pada anak muda agar tetap menanamkan nilai luhur Pancasila dalam kehidupan sehari-hari. Di sisi lain, milenial juga harus mendapat bimbingan yang baik dari generasi sebelumnya. Karena saat ini makin sedikit milenia yang mengerti akan nilai Pancasila.

"Milenial menjadi masalah kalau tidak dibekali dengan informasi yang benar. Makin lama yang mengerti Pancasila makin sedikit. Anak baru tidak peduli Pancasila, padahal itu nilai filosofi kita dasar negara cara fikir. Kalau itu tidak diajarkan maka bisa lupa. Kita yang tua harus berbuat sesuatu supaya terus mendarah daging. Harus diulangi terus," pungkasnya. (BM)