Berita

BPIP : Covid-19 Dapat Wujudkan Nilai-nilai Pancasila Dengan Kedaulatan Pangan

BY Pusdatin . 7 Agustus 2020 - 13:35

Jakarta, Deputi Bidang Pengkajian dan Materi Badan Idologi Pancasila (BPIP) Prof. Adji Samekto meyakini aktualisasi nilai nilai Pancasila saat ini dapat diwujudkan dalam kedaulatan pangan. Hal itu diungkapkan dalam “Dialog Kebangsaan Tempo” bersama dengan duta Pancasila 2019 Anjas Pramono, Bupati Luwu Utara Hj. Indah Putri Indriani dan Peneliti Muda Pusat Studi Pancasila UGM dan ketua bidang Ideologi DPN ISRI.

Guru Besar Ilmu Hukum ini juga meyampaikan bahwa untuk mewujudkan kedaulatan pangan ditengah covid-19 merupakan wujud dari pembumian Pancasila dengan mewujudkan keadilan sosial saat masih berlangsungnya wabah virus covid-19.

"Mewujudkan kedaulatan pangan ini adalah bagian dari mewujudkan keadilan sosial, dan mewujudkan keadilan sosial adalah wujud dari pembumian Pancasila di era Covid-19," jelas Prof Adji Samekto dalam dialog kebangsaan tempo, kamis (6/8).

Menurutnya, memperjuangkan kedaulatan pangan merupakan suatu refleksi dari perwujudan keadilan sosial yang saat ini belum dilihat generasi milenial. Adapun kedaulatan pangan sendiri, kata dia, adalah hak setiap bangsa untuk memproduksi pangan secara mandiri serta hak untuk menetapkan pertanian, peternakan.

Hal seperti ini merupakan wujud dari Pancasila dalam kehidupan sehari hari yang harus kita tanamkan didalam diri milenial," tegas Prof Adji.

Deputi yang membidangi Pengkajian Materi ini juga menegaskan, untuk mengatasi kemiskinan adalah dengan pemenuhan kebutuhan dasar pangan. Hal ini didasarkan pada empat pilar pembangunan yakni berdaulat secara politik, berdiri di atas kaki sendiri dalam bidang ekonomi; berkepribadian dalam kebudayaan; dan bergotong royong.

"Jadi tentu kedaulatan pangan ini merupakan konsep pemenuhan hak atas pangan yang berkualitas, bergizi, tetapi sesuai dengan budaya kita dengan tata kelola yang ramah lingkungan," pungkas Prof. Adji. (BM)