Berita

Jelang Harlah, Tim Sekretariat Militer Lakukan Survei Lokasi

BY Humas . 17 Mei 2022 - 10:19

Ende:- Dalam persiapan jelang peringatan Hari Lahir Pancasila, yang rencananya akan dihadiri oleh Presiden Joko Widodo, Pemerintah Kabupaten Ende terus melakukan berbagai pembenahan di beberapa titik lainnya selain lapangan Pancasila.
 
Kepada RRI dalam Lintas Ende Pagi, Jumat (13/05) Direktur Hubungan Antar Lembaga dan Kerja Sama, Elfrida Herawati Siregar, S.P., M.M mengatakan Pancasila bukan hanya sebagai dasar Negara melainkan sebagai Falsafah hidup bangsa. Sehingga, setiap tahunnya Indonesia selalu memperingati dengan melaksanakan upacara bendera. Sebagai bentuk penghargaan tertinggi dari masyarakat Kota Ende nantinya, setelah pelaksanaan upacara Hari Lahir Pancasila selesai Presiden RI akan dianugerahi gelar adat masyarakat Ende di Rumah Tenun Ikat.
 
Sebagai wujud dari partisipasi masyarakat untuk ambil bagian dalam memeriahkan Hari Lahir Pancasila tersebut, adapun kegiatan side event yang rencananya akan diselenggarakan pada tanggal 28 Mei 2022 mendatang.
 
"Pancasila sebagai falsafah hidup bangsa dirayakan melalui keterlibatan masyarakat yang terkumpul dalam organisasi sosial kebudayaan, maupun masyarakat yang berasal dari dunia usaha dan media untuk bentuk perayaan Hari Lahir Pancasila dan perayaan yang memeriahkan kegiatan tersebut,"jelasnya
 
Secara terpisah, Anastasia Stella sebagai masyarakat kota Ende mengucapkan rasa bangga dan apresiasi kepada seluruh pemerintah beserta jajarannya, sehingga Pelaksanaan Hari Lahir Pancasila yang dilaksanakan di Kota Ende. Dia diharapkan bisa berhasil tidak hanya dalam pelaksanaan upacara sendiri melainkan dalam implementasi nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari bisa dibuktikan.
 
"Sebagai masyarakat kota Ende, tentunya saya bangga sekali, apalagi ini merupakan upacara secara Nasional pertama yang dilakukan diluar Kota Jakarta, secara khusus saya juga ingin mengucapkan terimakasih kepada Pemerintah Daerah, Provinsi beserta jajarannya untuk upaya dan kerja keras mereka agar perayaan Hari Lahir Pancasila dirayakan di Kota Pancasila atau Kota Ende ini, selain itu besar harapan saya dengan kegiatan ini bisa menyadarkan masyarakat kota Ende untuk hidup sesuai dengan nilai-nilai Pancasila dan menjadi role model bagi masyarakat di luar kota Ende atau dengan kata lain mereka akhirnya terinspirasi untuk hidup saling bertoleransi seperti yang ada di dalam nilai Pancasila,"ujar Anastasia
 
Selain melakukan survei pada beberapa titik lokasi yang nantinya akan menjadi tempat persinggahan oleh orang nomor satu di Indonesia, pihaknya juga melakukan koordinasi bersama Universitas Flores sebagai tempat diselenggarakannya simposium serta seminar penggalian dan perumusan Pancasila 1945. Simposium akan melibatkan generasi muda dan dihadiri oleh Gubernur NTT bersama Ketua BPIP. (KBRN)