Berita

BPIP Tambah Mitra Strategis: Kab. Aceh Tamiang, Kota Metro, dan DPRD Provinsi Lampung

BY Humas . 25 April 2022 - 18:25

Jakarta:- Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila, Prof. KH. Yudian Wahyudi menandatangani nota kesepahaman dengan Bupati Aceh Tamiang, H. Mursil, Walikota Metro, Lampung, dr. Hi. Wahdi, Sp.OG.(K), dan Ketua DPRD Provinsi Lampung, Mingrum Gumay, SH., MH di Jakarta, Senin, (25/4).

Penandatanganan nota kesepahaman itu dilakukan guna menambah mitra strategis dalam menunjang dan mengoptimalkan kerja sama dengan koordinasi antara para pihak berdasarkan semangat gotong royong.

Kepala BPIP, Prof. KH. Yudian Wahyudi mengungkapkan, jalinan kerja sama dengan Pemda Kab. Aceh Tamiang dan Kota Metro, serta DPRD Provinsi Lampung merupakan momentum pengaktualisasian nilai luhur Pancasila pada penghujung Ramadhan 1443 Hijriyah.

“Ada salah satu hukum penting di lailatul qadar itu yang sedang kita kerjakan, yang namanya gotong royong, silaturahmi dalam rangka sosialisasi (Pancasila)”, ujar Prof. KH. Yudian Wahyudi.

Deputi Bidang Sosialisasi, Komunikasi, dan Jaringan BPIP, Ir. Prakoso mengungkapkan sejumlah langkah kerja sama yang dilakukan BPIP dengan para mitra strategis tersebut.

BPIP akan mendampingi tenaga pembentukan regulasi dan kebijakan serta advokasi pencegahan, penanganan, penyelesaian, dan penanggulangan masalah-masalah serta kendala dalam pembinaan Ideologi Pancasila. Selain itu, BPIP akan menyediakan materi dasar dan bahan ajar, serta penelitian mengenai Pembinaan Ideologi Pancasila di Kab. Aceh Tamiang dan Kota Metro, Lampung.

Sedangkan, kerja sama yang dilakukan BPIP dengan DPRD Provinsi Lampung yakni institusionalisasi dan internalisasi nilai-nilai Pancasila dalam pembentukan produk hukum daerah yang meliputi perencanaan, penyusunan, pembahasan, serta evaluasi produk hukum daerah.

“Diharapkan melahirkan gagasan inovatif dalam usaha menanamkan nilai-nilai Pancasila secara aktual dan menumbuhkembangkan kesadaran pentingnya Pancasila bagi seluruh kalangan masyarakat, khususnya generasi milenial”, pungkas Prakoso.

Sebagai mitra strategis, Sekretaris Utama BPIP, Dr. Drs. Karjono, S.H., M.Hum memohon kerja sama Bupati Aceh Tamiang, Walikota Metro, dan ketua DPRD Provinsi Lampung untuk mengawal implementasi lahirnya PP No. 4 Tahun 2022, mata ajar wajib Pancasila yang akan diberikan kepada seluruh jenjang pendidikan, mulai PAUD, TK, SD, SMP, SMA, hingga Perguruan Tinggi, bahkan pendidikan formal, nonformal, dan informal.

“Ini akan diterapkan 1 Juli 2022 dan akan dilaunching 1 Juni 2022”, ujar Karjono.

Penandatanganan nota kesepahaman ini disaksikan pula oleh unsur pimpinan BPIP, forkopimda Kab. Aceh Tamiang dan Kota Metro, Lampung, serta jajaran anggota DPRD Provinsi Lampung secara daring dan luring. (HA)